All About World

Kemana Perginya Si Dinosaurus ??



Asteroid sebagai faktor penyebab musnahnya dinosaurus dari muka bumi, menjadi kontroversial beberapa tahun terakhir. Ilmuwan kini melihat ada faktor lain, mulai dari aktivitas gunung berapi hingga perubahan iklim.

            Ilmuwan belum lama ini menganalisa tulang yang ditemukan di Ojo Alamo Sandstone di San Juan Basin. Berdasarkan penyelidikan bahan kimia pada tulang itu, peneliti menyimpulkan beberapa dinosaurus berhasil selamaat dari bencana 65 juta tahun lalu itu.

           "Ini kesimpulan yang kontroversial dan banyak paleontologi yang akan skeptis," kata David Polly, salah satu editor journal Palaeontologia Electronica, dimana penemun itu dipublikasikan.

              Pemimpin penelitian Jim Fassett dari US Geological Survey di Santa Fe New Mexico mengatakan tim telah melakukan peneletian mendalam. "Masalah dengan hipotesa ini apakah dinosaurus itubenar mati setelah zaman kepunahan. Mungkin saja sudah mati sebelumnya dan tebawa arus sungai dan kemudian bersatu dengan bebatuan yang lebih muda," katanya.

            Untuk mengurangi skenario itu, Fassett menyelidiki bebatuan di sekitar tulang dan meneliti. Dia mengatakan bukti itu menunjukkan tulang itu bersal dari zaman setelah masa kepunahan.

          Dia mendapatkan tulang dinosurus dari Ojo Alamo Sandstone memiliki konsentrasi bahan logam langka berbeda dibandingkan bebatuan saat asteroid jatuhnya.

0 komentar:



Posting Komentar